Pengertian Memo/Memorandum - foldersoal.com

Memo adalah pesan singkat yang digunakan secara intern dalam sebuah kantor atau organisasi untuk keperluan menyampaikan berita pendek dan sederhana. Bedasarkan pemakaiannya, memo ada dua macam. Ada memo yang bersifat resmi dan ada pula memo yang bersifat bersifat pribadi (tidak resmi). Memo bersifat resmi digunakan sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. Memo ini sering kali dijumapai diatas meja kantor. Sedangkan Memo yang bersifat pribadi ialah digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar orang tua dan anak, antar saudara, teman, atau kenalan yang memiliki hubungan cukup dekat/akrab.Biasanya memo berisi pesan perintah yang mencakup:

  1. Meminta atau memberi informasi/pesan
  2. Memberi petunjuk
  3. Mengingatkan kembali sesuatu yang pernah diberitahukan sebelumnya
  4. Meminta suatu bantuan
  5. Instruksi kepada bawahan
Memo terdiri atas bagian-bagian yang berperan sesuai dengan fungsinya, yaitu:
  1. Kepala memo. Terdiri atas nama lembaga/organisasi/instansi/perusahaan, petunjuk memo, nomor memo, isian untuk menulis nama pengirim dan nama penerima memo serta perihal
  2. Isi memo. Walaupun tidak bersifat resmi pada umumnya menyangkut perihal kedinasan. Isi disusun seperti surat atau hanya mengutarakan pokok masalahnya saja
  3. Kaki memo. Berisi tanggal, nama, dan tanda tangan pemberi memo.
Memo dapat digunakan untuk komunikasi yang bersifat vertikal misalnya atasan kepada bawahan. Atau sebaliknya horizontal dan boleh pula bersifat diagonal misalnya komunikasi antar pejabat.

Contoh Memo


SMA WIMA


Jalan Kembangan Kenanga


Jakarta


MEMO Kepada : Seluruh Guru SMA WIMA Untuk memenangkan lomba Olahraga dan Seni tingkat nasional bulan depan nanti, harap bapak / ibu guru hendaknya melakukan kerja sama untuk membantu siswa yang akan mengikuti lomba pidato tersebut.


Jakarta, 17 Februari 2015


Kepala Sekolah


(Tanda Tangan)


———————

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel