RPP DAN SILABUS PENJASKES KELAS XII SMU/SMK SEMESTER 2 KURIKULUM KTSP - foldersoal.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah: SMA .................................................................
Mata Pelajaran: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester: XII / 2
Pertemuan: 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu: 8 X 45 menit

Standar Kompetensi
6.   Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
6.1.  Mempraktikkan  keterampilan bermain salah satu  permainan  olahraga bola besar dengan peraturan sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
3.Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

A.Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
3.Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.
Karakter siswa yang diharapkan  :
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

B.Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
1.Variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.Variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
3.Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.

C.Metode Pembelajaran
1.Demontrasi
2.Inclusive (cakupan)
3.Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.Permainan (game)
5.Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mempraktikkan  keterampilan bermain salah satu  permainan  olahraga bola besar dengan peraturan sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri*
·     Latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, me-ngontrol, menggiring dan menembak) ber-pasangan dan ber-kelompok.
·     Variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan sepakbola berpasangan dan ber-kelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan per-tahanan permainan
·     Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
·     Siswa dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (meng-umpan, mengontrol, meng-giring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·     Siswa dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan sepakbola berpasang-an dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik
·     Siswa dapat Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

D.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1.Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
Pemanasan secara umum
Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
Pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan
2.Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, 
Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
Penjelasan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

Pertemuan 4
1.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
Pemanasan secara umum
Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
2.Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan bolavoli yang terdiri dari :
Uji kompetensi passing permainan bolavoli
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, 
Uji kompetensi servis permainan bolavoli
Uji kompetensi smash permainan bolavoli
Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

E.Alat dan Sumber Belajar
1.Alat Pembelajaran :
Bola voli atau sejenisnya
Lapangan permainan bolavoli atau lapangan sejenisnya
Net/jarring bolavoli
Peluit

2.Sumber Pembelajaran :
Media cetak
oBuku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
oLembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
oBuku permainan bolavoli

Media elektronik
oAudio/video visual teknik dasar permainan bolavoli
oRekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolavoli)

Untuk mendapatkan file RPP Dan Silabus Penjaskes SMU/SMK Kelas XII Semester 2 Kurikulum KTSP secara lengkap dapat anda unduh di link di bawah ini.


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel