RPP DAN SILABUS SD KELAS 4 KURIKULUM KTSP - foldersoal.com
Tuesday, May 20, 2014
Edit
Berikut adalah RPP dan Silabus berkarakter untuk SD kelas 4 semester 1 dan 2. Isinya meliputi RPP dan Silabus Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPS, IPA, TIK, dan RPP Tematik. Filenya dapat anda unduh melalui link di bawah. Contoh Salah satu RPP dapat anda lihat di bawah ini.
RPP dan Silabus SD kelas 4 kurikulum KTSP selengkapnya:
Berbagai Sumber
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
Standar Kompetensi
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi
I. Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
II. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
III. Materi Pokok
§ Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di daerahnya
IV. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 1
· Kegiatan awal
- Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam
· Kegiatan inti
- Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekonomi di daerahnya
- Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
- Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
V· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Merangkum materi pelajaran yang telah diajarkan