Soal UAS I Pemrograman Dasar Kelas X SMK TKJ TA 2014/2015 - foldersoal.com

1. Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan computer disebut ….

     A. System Operasi           C. Spreadsheet                    E. Bahasa Pemrograman
B. Software Utility            D. Word Processing
2.  Dalam ekspresi Boolean yang harus diuji adalah nilai ….
 A. True/False*                 C. Up/Down              E. Height/Weight
 B. Right/Left                    D. On/Off        
3. Yang bukan merupakan ciri-ciri dari Pseudocode adalah ……..
      A. Bervariabel                 C. Berfungsi seperti flowchart       E. Benar Semua
B. Bergambar                  D. Menjelaskan Algoritma
4.  Nama lain dari flowchart adalah ….
     A.  Algoritma        B.  Alur      C. Bagan alir*    D. Tree           E. Diagram
5.  Tipe data yang mampu menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda-beda adalah tipe data …
A. Array         B. String            C. Record*          D. Subrange                       E. Character
6.  Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
A. Algoritma*                                C. Variabel                            E. Konstanta
B. Flowchart                                 D. Tipe data    
7.  Tentukan manakah nama-nama variabel berikut ini yang benar !
A. nama.guru                               C. 2x Buku                            E. Hargabuku
B. NamaGuru*                             D. harga/buku


7.  Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah*
B. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user
E. Variabel yang nilainya kosong
8. Jika ingin mengisi nilai pada varibel seperti foto keluarga, maka tipe data yang    
    Digunakan adalah jenis ….
A. Gambar/image*                     C. Record                              E. Char
B.  Array                                      D. Boolean                                         
9. Bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya …..
              A. 4                     B. 3                   C. 2                  D. 1                  E. 0*                       
10. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang  
      menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
  A. Flowchart                               C. Data flow                          E. Coding
  B. Pseudocode                        D. Aplikasi                  
11. Bilangan ganjil adalah bilangan yang jika dibagi dua, sisanya .….
  A. 0                     B. 1*                 C. 2                  D. 3                  E.                           
12.  Variabel yang nilai bersifat berubah-ubah, dapat di isi dan dikosongkanadalah ….
       A. Algoritma         B. Konstanta        C. Variabel*        D. String       E. Boolean 
13.  Variabel logika yang berhubungan dengan operator OR, AND, dan NOT
       merupakan variabel dengan tipe data ….
       A. Array               B. Numerik          C. String          D. Boolean*           E. Algoritma
14.   Tipe data yang memungkinkan sebuah variabel mengandung banyak nilai dalam satu waktu dan bersifat homogen adalah ..
       A. Algoritma       B. Konstanta          C. Array*          D. String           E. Boolean
15. Yang menunjukkan awal dan akhir pada sebuah flowchart, adalah .....
  AData Flow       B. Data       CTerminator*       DDecision         E. Process        16. Merupakan algoritma yang dinyatakan dalam diagram dengan bentuk-bentuk   
      tertentu, adalah pengertian dari .....
  A. Algoritma                                C. Pseudocode                 E. Konstanta 
  BArray                                       DFlowchart*

17. Berfungsi untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan/pengurangan suatu
      variabel counter, adalah .....
  ATerminator                             C. Process              E. Preparation*                          
  BDecision                                 DArrows

18. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama .....
  A. Data Store                              C. Connector                                   E.Decision*
  B. Process                                  D. Terminator

19. Merupakan tempat menampung dan menyimpan satu atau lebih nilai, adalah
      pengertian dari …..
  A. Variabel*        B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E.Boolean
                                   
20. Merupakan tipe data yang biasa di proses dalam perhitungan matematika,  
      adalah pengertian …..
  A. Variabel          B. Konstanta       C. Numerik          D. String        E.Boolean

21. Dibawah ini aturan-aturan dalam penulisan variabel, kecuali …..
       A. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci
       B. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus
       C. Nama variabel harus diawali dengan angka*
       D. Nama variabel harus diawali dengan huruf
       E. Tidak boleh menggunakan spasi

22.  Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data nama_siswa adalah menggunakan tipe data ….
A. Numeric                                 C. Date time                          E. Integer
B. Varchar*                                 D. Array

23.   Tipe data yang cocok untuk menjelaskan data tanggal lahir adalah  menggunakan tipe data …..
A. Numeric                                 C. Date time*                         E. Integer
 B. Varchar                                  D. Array

24. Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus mamiliki sifat ...
A. Cepat                                      C. Rumit                                E. Logis*
B. Berurutan                              D. Realistis

25. Lengkapilah pernyataan algoritma berikut, ……. > Program > Komputer > Solusi / hasil. 
 A. Input*                                      C. File                                    E. Database                                                                                        
 B. Masalah                                 D. Proses

26. Sintaks yang digunakan untuk mengakhiri program adalah…
 A. Print                                        C. End*                                  E. Start
 B. Writeln                                   D. Readln

27. Sintaks yang digunakan untuk menuliskan program adalah…
 A. Print                                        C. End                                    E. Start
 B. Writeln*                                  D. Readln

28. Jenis data yang dapat digunakan, oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam membuat program komputer disebut…
A. Linier                                      C. Output                               E. Serial
 B. Tipe Data*                             D. Universal



29. Sebutkan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa karakter/ huruf disebut tipe data...
A. Boolean                                 C. Date Time                         E. Numerik
 B. Array                                       D. String / Char*
30. Const Phi = 3.1adalah contoh untuk penggunaan …
A. Konstanta*                            C. Flowchart                         E. Long Int
 B. Variabel                                 D. Integer
31. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
      A. Urutan, Pilihan, Pengulangan               D. Pemulihan,Urutan, Pemograman          
      B. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan      E. Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan 
      C. Urutan, Pemulihan, Pengulangan
32. Di bawah ini yang termasuk struktur dasar algoritma antara lain …….
      A. Pengulangan             C. Pemulihan           E. Pengaturan
      B. Perbaikan                   D. Pemograman  
33. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan antara symbol yang satu dengan yang lain  adalah Symbol…….
      A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
      B. Display                     D. Processing         
34. Symbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah Symbol ……
      A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
      B. Display                     D. Processing         
35. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer adalah Symbol ……
      A. Terminator               C. Flow Direction        E. Input-output        
      B. Display                     D. Processing
36. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output adalah Symbol …
     A. Pilihan                     C. Urutan                      E. Pemograman
      B. Pengulangan         D. Pemulihan
37. 5 Urutan proses yang benar dalam Flowchart adalah……..
A. Head             Input             Proses          Output           End
B. 
Input           Loading           Proses          Output           Stop        
D. Start             Read           Proses          Output          Stop
C. Start             Read          Proses            Write          Stop
C. Head            Read            Loading           Write          End

I.      Essai (Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar)

1.  Apa perbedaan algoritma dan flowchart ?
2.  Sebutkan 3 cara menuliskan algoritma, jelaskan ?
3.  Sebutkan aturan dalam pemberian nama variable ?
4.  Sebutkan Min. 5 simbol pada flowchart dan sebutkan fungsinya ?

5.  Buatkan 1 contoh penulisan algoritma dalam bentuk Pseudocode dan Flowchart?

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel