Apa itu RPP, Silabus, Prota, Promes, & KKM

foldersoal akan menjelaskan tentang Apa itu RPP, Silabus, Prota, Promes, & KKM.

Definisi RPP, Silabus, Prota, Promes, & KKM.

RPP

RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP merupakan administrasi atau bisa juga disebut sebagai perangkat pembelajaran. Dokumen ini wajib dimiliki oleh setiap guru yang mengajar di kelas. Ibarat kata RPP merupakan program pembelajaran bagi setiap guru apapun yang memegang mata pelajaran.

Silabus

Silabus merupakan rencana pembelajaran yang disusun untuk pembelajaran tertentu dan di dalamnya mencakup SK, KD, Materi pokok, kegiatan belajar, indikator, penilaian, alokasi waktu, & sumber belajar.

Prota

Prota (Program Tahunan) merupakan sebuah program yang di dalamnya meliputi pembagian alokasi waktu untuk setiap Kompetensi Dasar selama 1 tahun penuh.

Promes

Promes atau Program Semester merupakan rancangan program yang meliputi pengalokasian waktu secara rinci dari minggu ke minggu yang diurutkan berdasarkan jam efektif dan tidak efektif. 

KKM

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum/Minimal) adalah pencapaian yang menjadi standar bagi guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. KKM disesuaikan berdasarkan pada Intake, Daya Dukung, dan Kompleksitas Materi Pembelajaran.

Itulah sedikit penjelasan mengenai definisi RPP, Silabus, Prota, Promes, dan KKM. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel