Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK
Friday, September 29, 2017
Edit
Berikut ini adalah berkas Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK. Diterbitkan oleh Kemdikbud. Download file format PDF.
Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK |
Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK:
Rumusan kompetensi telah diterima secara universal mencakup tiga ranah, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pembelajaran pengetahuan dipergunakan untuk menghasilkan keterampilan dan membentuk sikap. Sejalan dengan itu, tujuan pendidikan nasional telah dirumuskan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik dalam tiga ranah tersebut. Tujuan ini juga menegaskan agar sikap spiritual, menjadi insan beriman dan bertakwa, dan sikap sosial, menjadi insan berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab, tumbuh berimbang.
Kesimbangan ini perlu tercermin dalam pembelajaran agama. Melalui pembelajaran pengetahuan agama akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama siswa. Sikap beragama yang diharapkan adalah sikap beragama yang utuh dan berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan akhlak mulia atau budi pekerti.
Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Tetapi tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.
Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama dan budi pekerti yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Didalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran agamanya. Bukan buku yang materinya ditulis untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal oleh siswa maupun guru.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Daftar Isi
Bab I
Bertumbuh dan Semakin Berhikmat
A. Pengantar
B. Berbagi Pengalaman
C. Kisah Tonya Harding
D. Diskusi
E. Kematangan Pribadi dan Emosi
F. Ekspresi Emosi
G. Belajar dari Alkitab
H. Bertumbuh menjadi Berhikmat
I. Refleksi
J. Sikap Saya
K. Rangkuman
L. Doa Penutup
Bab II
Bertumbuh Menuju Kedewasaan yang Benar
A. Pengantar
B. Proses Menuju Dewasa
C. Kedewasaan Penuh menurut Alkitab
D. Berbagai Ajaran Palsu
E. Iklan Sebagai Ajaran Palsu
F. Kekayaan dan Sukses dengan Jalan Pintas
G. Kedewasaan Penuh dalam Hubungan dengan Orang Lain
H. Rencana Hidup Saya
I. Rangkuman
J. Doa
Bab III
Menjadi Manusia yang Bertanggungjawab di Dalam Masyarakat
A. Pengantar
B. Arti Tanggung jawab
C. Tanggung jawab dan Kedewasaan
D. Tanggung jawab dalam Membangun Masyarakat
E. Diskusi
F. Tanggung jawab terhadap Sesama
G. Membuat Program
H. Rangkuman
I. Doa Penutup
Bab IV
Mengasihi dan Menghasilkan Perubahan
A. Pengantar
B. Kisah Cinta Seorang Ayah
C. Cinta Kasih: Kekuatan yang Luar Biasa
D. Cinta Kasih yang Mengubah dan Mendamaikan
E. Cinta Kasih yang Memadamkan Api Permusuhan
F. Diskusi
G. Rangkuman
H. Doa Perdamaian Fransiskus dari Asisi
Bab V
Hidup dalam Kesetiaan
A. Pengantar
B. Kisah Hachiko
C. Yakub dan Rahel
D. Diskusi
E. Kesetiaan dalam Hidup Sehari-hari
F. Makna Kesetiaan dan Contoh Hidup dalam Kesetiaan
G. Kesetiaan menurut Alkitab
H. Kesetiaan kepada Tuhan
I. Rangkuman
J. Doa Penutup
Bab VI
Roh Kudus Membaharui Gereja
A. Pengantar
B. Gereja sebagai Komunitas Baru
C. Taurat yang Ditulis di dalam Hati
D. Roh Kudus sebagai Agen Pembaharuan Gereja
E. Komunitas yang Inklusif
F. Ekslusif vs Inklusif
G. Sikap Tuhan Yesus
H. Diskusi
I. Gereja yang Terus-menerus Diperbaharui
J. Mewujudkan Gereja yang Inklusif
K. Nyanyian
Rumusan kompetensi telah diterima secara universal mencakup tiga ranah, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pembelajaran pengetahuan dipergunakan untuk menghasilkan keterampilan dan membentuk sikap. Sejalan dengan itu, tujuan pendidikan nasional telah dirumuskan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik dalam tiga ranah tersebut. Tujuan ini juga menegaskan agar sikap spiritual, menjadi insan beriman dan bertakwa, dan sikap sosial, menjadi insan berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab, tumbuh berimbang.
Kesimbangan ini perlu tercermin dalam pembelajaran agama. Melalui pembelajaran pengetahuan agama akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama siswa. Sikap beragama yang diharapkan adalah sikap beragama yang utuh dan berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan akhlak mulia atau budi pekerti.
Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Tetapi tidak berhenti dengan pengetahuan agama sebagai hasil akhir. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.
Untuk itu, sebagai buku pendidikan agama dan budi pekerti yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Didalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran agamanya. Bukan buku yang materinya ditulis untuk dibaca, didengar, ataupun dihafal oleh siswa maupun guru.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Daftar Isi
Bab I
Bertumbuh dan Semakin Berhikmat
A. Pengantar
B. Berbagi Pengalaman
C. Kisah Tonya Harding
D. Diskusi
E. Kematangan Pribadi dan Emosi
F. Ekspresi Emosi
G. Belajar dari Alkitab
H. Bertumbuh menjadi Berhikmat
I. Refleksi
J. Sikap Saya
K. Rangkuman
L. Doa Penutup
Bab II
Bertumbuh Menuju Kedewasaan yang Benar
A. Pengantar
B. Proses Menuju Dewasa
C. Kedewasaan Penuh menurut Alkitab
D. Berbagai Ajaran Palsu
E. Iklan Sebagai Ajaran Palsu
F. Kekayaan dan Sukses dengan Jalan Pintas
G. Kedewasaan Penuh dalam Hubungan dengan Orang Lain
H. Rencana Hidup Saya
I. Rangkuman
J. Doa
Bab III
Menjadi Manusia yang Bertanggungjawab di Dalam Masyarakat
A. Pengantar
B. Arti Tanggung jawab
C. Tanggung jawab dan Kedewasaan
D. Tanggung jawab dalam Membangun Masyarakat
E. Diskusi
F. Tanggung jawab terhadap Sesama
G. Membuat Program
H. Rangkuman
I. Doa Penutup
Bab IV
Mengasihi dan Menghasilkan Perubahan
A. Pengantar
B. Kisah Cinta Seorang Ayah
C. Cinta Kasih: Kekuatan yang Luar Biasa
D. Cinta Kasih yang Mengubah dan Mendamaikan
E. Cinta Kasih yang Memadamkan Api Permusuhan
F. Diskusi
G. Rangkuman
H. Doa Perdamaian Fransiskus dari Asisi
Bab V
Hidup dalam Kesetiaan
A. Pengantar
B. Kisah Hachiko
C. Yakub dan Rahel
D. Diskusi
E. Kesetiaan dalam Hidup Sehari-hari
F. Makna Kesetiaan dan Contoh Hidup dalam Kesetiaan
G. Kesetiaan menurut Alkitab
H. Kesetiaan kepada Tuhan
I. Rangkuman
J. Doa Penutup
Bab VI
Roh Kudus Membaharui Gereja
A. Pengantar
B. Gereja sebagai Komunitas Baru
C. Taurat yang Ditulis di dalam Hati
D. Roh Kudus sebagai Agen Pembaharuan Gereja
E. Komunitas yang Inklusif
F. Ekslusif vs Inklusif
G. Sikap Tuhan Yesus
H. Diskusi
I. Gereja yang Terus-menerus Diperbaharui
J. Mewujudkan Gereja yang Inklusif
K. Nyanyian
L. Rangkuman
M. Doa Penutup
Bab VII
Hidup yang Dipimpin oleh Roh
A. Pengantar
B. Mengenal Monginsidi, Pahlawan Nasional
C. Peranan Roh di dalam Hidup Kita
D. Aktivitas dengan Mazmur
E. Diskusi
F. Hidup sebagai Anak-anak Allah
G. Hidup dalam Kekudusan
H. Rangkuman
I. Doa
J. Tugas
Bab VIII
Karya Allah dalam Kepelbagaian
A. Pengantar
B. Memahami Kepelbagaian Manusia menurut Alkitab
C. Sikap Saya Terhadap Mereka yang Berbeda: Belajar dari Cerita Kehidupan
D. Karunia Allah dalam Kepelbagaian
E. Suara Hati Remaja
F. Membuat Program Kerja
G. Rangkuman
H. Tugas
Bab IX
Anak SMA Boleh Pacaran
A. Pengantar
B. Memahami Puisi
C. Antara Cinta dan Pacaran
D. Cinta dan Ketertarikan Fisik
E. Pendalaman Alkitab (Elaborasi)
F. Manusia Diciptakan Tidak Sendirian
H. Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis
I. Apakah Anak SMA Boleh Pacaran?
J. Menulis refleksi
K. Rangkuman
L. Tugas
M. Doa
Bab X
Batas-batas Dalam Berpacaran
A. Pengantar
Bab VII
Hidup yang Dipimpin oleh Roh
A. Pengantar
B. Mengenal Monginsidi, Pahlawan Nasional
C. Peranan Roh di dalam Hidup Kita
D. Aktivitas dengan Mazmur
E. Diskusi
F. Hidup sebagai Anak-anak Allah
G. Hidup dalam Kekudusan
H. Rangkuman
I. Doa
J. Tugas
Bab VIII
Karya Allah dalam Kepelbagaian
A. Pengantar
B. Memahami Kepelbagaian Manusia menurut Alkitab
C. Sikap Saya Terhadap Mereka yang Berbeda: Belajar dari Cerita Kehidupan
D. Karunia Allah dalam Kepelbagaian
E. Suara Hati Remaja
F. Membuat Program Kerja
G. Rangkuman
H. Tugas
Bab IX
Anak SMA Boleh Pacaran
A. Pengantar
B. Memahami Puisi
C. Antara Cinta dan Pacaran
D. Cinta dan Ketertarikan Fisik
E. Pendalaman Alkitab (Elaborasi)
F. Manusia Diciptakan Tidak Sendirian
H. Manusia Dianugerahi Tuhan dengan Kemampuan untuk Merasa Tertarik pada Lawan Jenis
I. Apakah Anak SMA Boleh Pacaran?
J. Menulis refleksi
K. Rangkuman
L. Tugas
M. Doa
Bab X
Batas-batas Dalam Berpacaran
A. Pengantar
B. Pembahasan Hasil Observasi tentang Berpacaran dan Batas-batasnya
C. Menyorot Pacaran dari segi Iman Kristen
D. Batas-Batas Pacaran menurut Standar Moral Alkitab
E. Norma dalam Masyarakat
F. Gaya Pacaran Remaja Masa Kini
G. Tugas
H. Rangkuman
I. Menyanyi
Bab XI
Ras, Etnis, dan Gender
A. Pengantar
B. Memahami serta Menerima Manusia dalam Keunikan Ras, Etnis dan Gender
C. Pengertian Ras, Etnis, Suku dan Gender
D. Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender
E. Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender
F. Berbagi Pengalaman
G. Rangkuman
H. Doa
I. Tugas
Bab XII
Allah Pembaharu Kehidupan
A. Pengantar
B. Menjadi Manusia Baru
C. Makna Pembaharuan bagi Diri Saya
D. Dampak dari Pembaharuan Allah bagi Orang Percaya
E. Pemahaman Alkitab
F. Rangkuman
Bab XIII
Karya Allah dalam Membaharui Kehidupan
A. Pengantar
B. Pendalaman Alkitab
C. Pendalaman Alkitab
D. Menelusuri Alkitab
E. Penilaian Diri
F. Hidup Baru Artinya Melakukan Kehendak Allah dalam Hidup
G. Bencana Alam Makin Meluas
H. Allah Membaharui Alam
I. Rangkuman
Bab XIV
Remaja Kristen sebagai Pelopor Pembaruan
C. Menyorot Pacaran dari segi Iman Kristen
D. Batas-Batas Pacaran menurut Standar Moral Alkitab
E. Norma dalam Masyarakat
F. Gaya Pacaran Remaja Masa Kini
G. Tugas
H. Rangkuman
I. Menyanyi
Bab XI
Ras, Etnis, dan Gender
A. Pengantar
B. Memahami serta Menerima Manusia dalam Keunikan Ras, Etnis dan Gender
C. Pengertian Ras, Etnis, Suku dan Gender
D. Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender
E. Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender
F. Berbagi Pengalaman
G. Rangkuman
H. Doa
I. Tugas
Bab XII
Allah Pembaharu Kehidupan
A. Pengantar
B. Menjadi Manusia Baru
C. Makna Pembaharuan bagi Diri Saya
D. Dampak dari Pembaharuan Allah bagi Orang Percaya
E. Pemahaman Alkitab
F. Rangkuman
Bab XIII
Karya Allah dalam Membaharui Kehidupan
A. Pengantar
B. Pendalaman Alkitab
C. Pendalaman Alkitab
D. Menelusuri Alkitab
E. Penilaian Diri
F. Hidup Baru Artinya Melakukan Kehendak Allah dalam Hidup
G. Bencana Alam Makin Meluas
H. Allah Membaharui Alam
I. Rangkuman
Bab XIV
Remaja Kristen sebagai Pelopor Pembaruan
A. Pengantar
B. Makna sebagai Pembaharu
C. Belajar dari Alkitab: Nehemia Membangun Kembali Tembok Kota Yerusalem
D. Menjadi Garam dan Terang kehidupan
B. Makna sebagai Pembaharu
C. Belajar dari Alkitab: Nehemia Membangun Kembali Tembok Kota Yerusalem
D. Menjadi Garam dan Terang kehidupan
E. Indikator Sebagai Pembaharu Kehidupan Manusia dan Alam
F. Rangkuman
F. Rangkuman
Download Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK
Download File:
Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK.pdf
Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas X SMA-SMK. Semoga bisa bermanfaat.