Menyikapi Rasa Sedih

Dalam hidup ini, insan tak luput dari perasaan bersedih. Sedih Hati ialah sebuah pengungkapan rasa terdalam manusia. Sebuah perasaan kekecewaan yang bisa menusuk jantung. Laksana jarum menusuk kulit. Tajam dan sakit.

Pada dikala duka melanda, kesenagan dan harapan, seakan sirna seketika. Tak ada lagi kegembiraan, tak ada lagi keceriaan. Raut wajah seakan tak terlihat natural bahkan cenderung keriput. Yang bagus terlihat kusam, yang ganteng terlihat kusut dan sebagainya



Terkadang aku berfikir dan bertanya-tanya sendiri. Ber duka hati itu baik atau buruk?

Memang sih memposisikan persoalan dalam konteks hitam putih, menciptakan kita terlihat tidak bijaksana dalam menyikapi sesuatu. Namun aku tetap merasa ada sesuatu yang perlu di ungkap dibalik rasa duka itu.

Sebenarnya aku ingin katakan duka itu indah. Tapi niscaya anda tidak akan puas begitu saja. jikalau aku tidak memperlihatkan argumentasi yang memadai kenapa aku menyampaikan duka itu indah.

Kalau aku fikir-fikir. Orang-orang sukses itu, ”salah satu” pendongkrak motivasinya alasannya adanya tekanan kekecewaan dari dalam. Karena ia kecewa tidak mendapat apa yang semestinya bisa ia dapatkan. Maka tumbuhlah semacam ”dendam kecil” didalam dirinya.

Kesedihan, pada prinsipnya bisa menggiring kita menuju suatu titik arus balik yang positif.

Dimana rasa duka itu bisa menyentuh sisi-sisi kemanusiaan kita. Kesedihan menciptakan kita bisa mencicipi apa yang selama ini mungkin kita lupakan. Kita semakin empati, semakin bijaksana, semakin menghargai orang lain. Dan semakin menyadari bahwa intinya kita ini hanyalah insan lemah.

Kesedihan, memang bukan unsur utama untuk menjadi orang sukses dan menciptakan hidup ini lebih indah. Bahkan bisa dikatakan, tidak umum dijadikan sebagai relung yang bisa mengantarkan seseorang ke gerbang sukses. Namun kesedihan salah satu cikal bakal pembuka pintu yang bisa menggugah hati kita.

Selama kita cerdas dan pas memposisikan antara rasa duka dan keinginan yang ingin kita capai. Saya rasa moment duka itu bisa menjadi ledakan tersendiri buat kita.

Jadi, selamat menikmati kesedihan anda. Rasakan, pahami, dan obati dengan cara-cara yang positif! Saya rasa inilah cara sempurna dan baik untuk bersedih. Agar pintu hati kita bisa terbuka dan kita bisa mengetahui betapa banyak sasaran yang sebaiknya kita selesaikan.

Bersedih, lalu menyadari apa yang terjadi didalam lubuk hati kita, maka pelan tapi pasti, kita mulai membuka lembaran gres untuk membenahi sisi kehidupan yang lain..

by Fadly Muin
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel